Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Buku Siswa SD/MI

Darussalam, (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Buku Siswa SD/MI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201738PAI-S2 COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2. 201738PAI-S2 PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. 201738PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. 201738PAI-S2 DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. 201738PAI-S2 ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
6. 201738PAI-S2 BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
7. 201738PAI-S2 BAB 2.pdf

Download (547kB)
[img] Text
8. 201738PAI-S2 BAB 3.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. 201738PAI-S2 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
10. 201738PAI-S2 BAB 5.pdf

Download (269kB)
[img] Text
11. 201738PAI-S2 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik terpadu pada Buku Siswa Kelas I SD/MI mata pelajaran IPA? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik terpadu pada Buku Siswa Kelas II SD/MI mata pelajaran IPA ? dan (3)Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik terpadu pada Buku Siswa Kelas III SD/MI mata pelajaran IPA? Metode penelitian : penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research ), data yang diteliti dari naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan, dan sifat dari penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer (primary data/basic data ) diperoleh langsung dari sumber utama, yaitu : Buku Tematik Siswa Kelas I-III SD/ MI Pegangan Guru dan Untuk Siswa, karya Dyah Srwilujeng, dkk., Penerbit Erlangga, tahun 2013. Hasil penelitian: Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam Buku Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI Kelas I mata pelajaran IPA, terdiri dari 18 (delapan belas) nilai-nilai karakter, yaitu : (1 ) religius, (2 ) jujur, (3)toleransi, (4 )disiplin, (5)kerja keras (6) kreatif, (7) mandiri, (8)demokratis, (9)rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12 )menghargai prestasi, (13) bersahabat/ komunikatif, (14)cinta damai, (15)gemar membaca, (16 ) kepedulian terhadap lingkungan, (17) kepedulian sosial, dan (18 ) tanggung jawab. Kedelapan belas nilai karakter tersebut dapat ditemukan pada masingmasing tema pembelajaran yang terdiri dari 8 (delapan) tema, yaitu : (1) Diriku, (2)Kegemaranku, (3 )Kegiatanku, (4)Keluargaku, (5)Pengalamanku, (6)Lingkunganku Bersih dan Sehat, (7)Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitarku, dan (8) Peristiwa Alam. Kedelapan belas nilai- karakter yang sama juga dapat ditemukan dalam Buku Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI Kelas II mata pelajaran IPA, pada masing-masing tema pembelajaran yang terdiri dari 8 tema yang mencakup : (1)Hidup Rukun, (2)Bermain di Lingkunganku, (3)Tugasku Sehari-hari, (4) Aku dan Sekolahku, (5 )Hidup Bersih dan Sehat, (6) Air, Bumi, dan Matahari, (7 )Merawat Hewan dan Tumbuhan, dan (8)Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Kedelapan belas nilai- karakter yang sama juga dapat ditemukan dalam Buku Pembelajaran Tematik Terpadu SD/MI Kelas III mata pelajaran IPA, pada masing-masing tema yang terdiri dari 8 tema yang mencakup : (1 )Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, (2)Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar, (3)Benda di Sekitarku, (4 )Hak dan Kewajibanku, (5 )Perubahan Cuaca, (6)Energi dan Perubahannya, (7)Perkembangan Teknologi, dan (8)Praja Muda Karana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:30
Last Modified: 22 Nov 2019 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22731

Actions (login required)

View Item View Item