Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Abdurrab Pekanbaru

Edison, (2017) Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Abdurrab Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201737PAI-S2 COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2. 201737PAI-S2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
3. 201737PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (266kB)
[img] Text
4. 201737PAI-S2 DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
5. 201737PAI-S2 ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
6. 201737PAI-S2 BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. 201737PAI-S2 BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
8. 201737PAI-S2 BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. 201737PAI-S2 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
10. 201737PAI-S2 BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11. 201737PAI-S2 DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI ) di perguruan tinggi umum. Fakta tentang pelaksanaan pembelajaran PAI di perguruan tinggi, khususnya di perguruan tinggi umum menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam penyusunan rencana perkuliahan, pelaksanaan pembelajaran yang tidak efektif, dan evaluasi pembelajaran yang mengabaikan prinsip evaluasi itu sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan melibatkan instrumen wawancara mendalam terhadap dosen PAI Universitas Abdurrab, observasi langsung dan dokumentasi. Penulis kemudian menemukan bahwa dosen PAI Universitas Abdurrab sudah melakukan perencanaan diantaranya dengan menyusun RPS dan mempersiapkan buku ajar, namun belum melengkapi semua unsur perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran sudah melibatkan lebih dari satu metode pembelajaran, namun belum memenuhi karakteristik proses pembelajaran di perguruan tinggi. Sementara itu evaluasi yang dilakukan sudah menyasar kepada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, namun mayoritas dosen PAI Universitas Abdurrab masih belum tepat dalam menyusun instrumen penilaian. Oleh karena itu dosen PAI perlu menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang memenuhi standar, menerapkan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik proses pembelajaran di perguruan tinggi dan memanfaatkan instrumen evaluasi yang tepat demi efektifitas pembelajaran PAI di Universitas Abdurrab Pekanbaru. Kata kunci : efektifitas, mata kuliah Pendidikan Agama Islam, perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:26
Last Modified: 22 Nov 2019 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item