PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 009 BATU RIJAL HILIR KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Darmani, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 009 BATU RIJAL HILIR KECAMATAN PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011344.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas IV SD Negeri 009 Batu Rijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a) Ketika pembelajaran siswa cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya. (PAI), dari 20 peserta didik hanya 10 atau (50%) peserta didik yang bersemangat dalam proses pembelajaran b) Anak sering melamun ataupun bercerita dengan teman sebangku ketika guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas c) Adanya sebagian siswa yang jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru, baik di berupa (pekerjaan rumah) PR maupun tugas di sekolah . Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan Strategi pembelajaran Point Counterpoint Kelas IV SD Negeri 009 Batu Rijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Dengan rumusan maslah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan pembelajaran Point Counterpoint dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas IV SD Negeri 009 Batu Rijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah menyebutkan Sifat Jaiz bagi Allah SWT, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 39% ,dari siklus I pertemuan pertama diperoleh rata-rata persentase 53% dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata persentase 65%, Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 71% dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata persentase 85% hal ini menunjukan bahwa melalui Strategi pembelajaran Point Counterpoint Di Kelas IV SD Negeri 009 Batu Rijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu dapat diterapkan. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” melalui strategi pembelajaran Point Counterpoint dapat meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD Negeri 009 Batu Rijal Hilir Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu ” diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:35
Last Modified: 01 Feb 2016 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item