MANAJEMEN STRATEGI BMT AL-ITTIHAD RUMBAI PERSISIR DALAM MENGHADAPI PERSAING DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM

Ulfa Adilia Amalia, - (2019) MANAJEMEN STRATEGI BMT AL-ITTIHAD RUMBAI PERSISIR DALAM MENGHADAPI PERSAING DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa BMT Al-Ittihad memiliki peluang yang besar seperti pencapaian prestasi sebagai koperasi percontohan baik tingkat Kota Pekanbaru maupun Provinsi. Hal ini disebabkan karena BMT Al-Ittihad udah berkembang pesat dari tahun ketahun, dilihat berdasarkan data dari segi jumlah anggota, dan kantor cabang meningkat. Namun, perkembangan ini belum ada pencapaian SHU yang menyamainya oleh karena itu diperlukannya manajemen strategi yang bagus. Maka dirumuskan masalah bagaimana manajemen strategi BMT Al-Ittihad Rumbai Pesisir dalam menghadapi pesaing, bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap manajemen strategi BMT Al-Ittihad Rumbai Pesisir dalam menghadapi pesaing Populasi dalam penelitian ini adalah 14 orang pihak BMT, diambil sampel sebanyak 3 orang dengan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. menggunakan analisis deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen strategi BMT Al-Ittihad sudah dikatakan bagus. Dalam manajemen terdapat 3 proses yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dalam formulasi strategi yaitu menganalisis lingkungan eksternal dan internal, target jangka pendek dan jangka panjang. Dalam mengimplementasikan strategi yaitu mencapai sasaran dan tujuan, memotivasi karyawan, membuat kebijakan dalam mengambil keputusan, mengalokasikan sumber daya manusia, prosedur dan program, serta pemanfaatan sistem informasi. Dalam mengevaluasi strategi yaitu mengevaluasi program kerja, laporan keuangan, sumber daya manusia dan produk BMT. Menurut Ekonomi Islam manajemen strategi dalam mengembangkan BMT sudah sesuai dengan syariah . hal ini di ketahui dengan terlaksananya empat aspek yaitu tauhid yaitu dalam sisi pembiayaan BMT Al-Ittihad mengkaji terlebih dahulu produk-produknya apakah sudah sesuai dengan syariah, orientasi yaitu dalam meraih keuntungan BMT Al-Ittihad tidak menggunakan sistem bunga akan tetapi menggunakana sistem margin, motivasi mardhatila yaitu BMT Al-Ittihad memberikan motivasi kepada karyawan setiap paginya, dan strategi syariah yaitu menggunakan produk produk syariah seperti murhabaha, mudhorabah, musyarakah. Kata kunci: Manajemen Strategi, BMT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:04
Last Modified: 22 Nov 2019 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item