PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATERI MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS V SD NEGERI 019 TELUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Suarniwati, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATERI MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS V SD NEGERI 019 TELUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011341.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar murid, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan pendekatan Quantum Teaching ini dapat meningkatkan hasil belajar murid pada materi membaca al-qur’an, surat Al-Lahab dan Al-Kafirun secara baik di kelas V SD Negeri 019 Teluk Kuantan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah murid 32 murid, sedangkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ”Penerapan Pendekatan Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Materi Membaca Al Qur’an di Kelas V SD Negeri 019 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, khususnya pada kelas V tahun pelajaran 2010/2011. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan September-November 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dan pada siklus pertama dan kedua dilakukan dalam empat kali pertemuan, sedangkan pada siklus ketiga dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa persentase hasil belajar murid sebelum tindakan hanya mencapai 62,5%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 65,62%, pada siklus II meningkat menjadi 75% dan pada siklus III lebih meningkat lagi dengan persentase 84,37%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Pendekatan Quantum Teaching dapat Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Materi Membaca Al-Qur’an di kelas V SD Negeri 019 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:33
Last Modified: 01 Feb 2016 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2272

Actions (login required)

View Item View Item