Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARTISIPASI ISTERI DALAM PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM PADA PEDAGANG BUAH DI PASAR RAO PASAMAN

Sutri Mayarosa, - (2019) PARTISIPASI ISTERI DALAM PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM PADA PEDAGANG BUAH DI PASAR RAO PASAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sutri Mayarosa (2019) : Partisipasi Isteri dalam Perekonomian Keluarga Menurut Ekonomi Islam Pada Pedagang Buah di Pasar Rao Pasaman Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa salah satu partisipasi istri dalam perekonomian keluargaadalah melakukan perdagangan, salah satunya yang dilakukan di Pasar Rao Pasaman. Namun berdasarkan observasi dan wawancara awal fenomena yang didapat adalah bahwa istri belum bisa memenuhi kebutuhan peekonomian keluarga padahal sudah bekerja cukup lama. Maka dirumuskan masalah, bagaimana partisipasi istri dalam membantu perekonomian keluarga pedagang buah Pasar Rao Pasaman?, apa yang menjadi penyebab istri ikut berpartisipasi dalam perekonomian keluarga?,serta bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap partisipasi istri dalam perekonomian keluarga pedagang buah Pasar Rao Pasaman Timur?. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pedagang buah di Pasar Rao Pasaman. Para ibu rumah tangga yang berdagang buah adalah 18 orang dan dijadikan sampel dengan metode total sampling. Untuk memperkuat penelitian penulis juga melakukan wawancara kepada pedagang. Teknik pengumpulan data observasi, awancara, angket, dokumentasi dan studi kepustakaan. Dan analisa menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif. Kontribusi usaha pedagang buah dalam perekonomian keluarga para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pedagang buah di Pasar Rao Pasaman: dari hasil ditemukan bahwa usaha ini memberikan kontribusi dan peningkatan perekonomian keluarga dengan tanggapan 16 orang atau 88,89 %, peningkatan pendapatan keluarga bisa dilihat dari hasil para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pedagang buah yang bisa memenuhi kebutuhan sekolah anak, jaminan kesehatan, dan terpenuhinya kebutuhan pokok. Tinjauan Ekonomi Islam mengenai partisipasi istri dalam perekonomian keluarga para ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pedagang buah di Pasar Rao Pasaman:dari hasil ditemukan bahwa islam membolehkan dan tidak pernah melarang seorang istri untuk ikutberpartisipasi dalam meringankan dan meningkatkan perekonomian keluarga selama pekerjaan yang dilakukan istri masih berdasarkan pada syarat-syarat yang berlaku dan tidak melanggar ketentuan dan aturan yang ada dalam Hukum Syariat Islam baik yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.Dan para istri bekerja dengan niat yang ikhlas memenuhi kebtuhan keluarga dan menjual buah yang halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Nov 2019 07:34
Last Modified: 22 Nov 2019 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item