Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MURID DI SDN 045 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Murniati (2011) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN BATU LONCATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MURID DI SDN 045 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011334.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas III SDN 045 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya motivasi belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut penulis menerapkan teknik pembelajaran batu loncatan. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: apakah dengan penerapan teknik pembelajaran batu loncatan dengan benar dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada murid kelas III SDN 045 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sebelum tindakan motivasi belajar murid hanya mencapai persentase 50,3%, angka ini berada pada kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan persentase 67,4%, angka ini berada pada kategori sedang. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan motivasi belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perolehan persentase 83,4%, angka ini berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik batu loncatan pada Pendidikan Agama Islam (PAI) murid kelas III SDN 045 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:32
Last Modified: 01 Feb 2016 04:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item