Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN GRAY LEVEL CO-OCCURANCE MATRIX (GLCM) UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT GLAUKOMA MENGGUNAKAN PROBABILISTIK NEURAL NETWORK (PNN)

NOPIKRA, 11451104836 (2019) PENERAPAN GRAY LEVEL CO-OCCURANCE MATRIX (GLCM) UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT GLAUKOMA MENGGUNAKAN PROBABILISTIK NEURAL NETWORK (PNN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (GABUNGAN)
LAPORAN TA NOPIKRA 11451104836.pdf

Download (4MB)

Abstract

Glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang menyebabkan kebutaan terbesar kedua didunia. Penyakit glaukoma ini disebabkan karena produksi cairan mata bertambah oleh badan siliar dan pengeluaran cairan mata berkurang didaerah celah pupil dan sudut balik mata. Penyakit ini berkembang tanpa ada ciri-ciri dan gejala dan sering disebut sebagai pencuri penglihatan. Penelitian ini menggunakan metode Gray Level Co-Occurance Matrix (GLCM) untuk mendapatkan fitur tekstur dan metode Probabilistik Neural Network (PNN) sebagai metode klasifikasi. Parameter yang digunakan sebagai input pada PNN adalah enam nilai yang diperoleh dari GLCM yaitu maximum probability, entrophy, energi, korelasi, kontras dan homogenitas. Pengujian dilakukan menggunakan 180 data citra retina pada 10-fold cross validation dengan nilai spread 0.1, 0.2, 0.3, 0.4, 0.5, 0.6, 0.7, 0.8, dan 0.9. Hasil pengujian dengan menggunakan 10-fold cross validation rata-rata tertinggi 72,5%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode GLCM dan PNN untuk klasifikasi penyakit glaukoma menghasilkan akurasi yang baik. Kata Kunci : GLCM, PNN, Glaukoma, Jaringan Syaraf Tiruan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:04
Last Modified: 22 Nov 2019 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22709

Actions (login required)

View Item View Item