Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

TOMMY ANDIKA PUTRA, - (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (27MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tommy Andika Putra, (2019): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check terhadap kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya siswa yang kurang memiliki kesadaran, motivasi, serta kemauan untuk belajar mandiri, adanya siswa yang kurang inisiatif dalam mencari tambahan sumber belajar, dan sebagian siswa kurang percaya terhadap kemampuan dirinya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Only Design With Nonequivalent Group. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 111 siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji “t”. Berdasarkan hasil perhitungan uji “t” diperoleh bahwa thitung sebesar (2,826) sedangkan nilai ttabel dengan df = 56 pada α 5% (2-tailed) sebesar 2,003. Dengan demikian diketahui thitung (2,826) > ttabel (2,003) atau signifikansi (0,007) < α (0,05). Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata kunci : Kooperatif Tipe Pair Check, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:39
Last Modified: 22 Nov 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item View Item