Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

AZMI AYU ANITA, 11516200214 (2019) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text (GABUNGAN)
SKRIPSI AZMI AYU ANITA.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Azmi Ayu Anita, (2019): Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI 1 sampai XI 6 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI 1 sampai XI 6 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 158 orang dan penarikan sampel secara acak (Random Sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 113 orang siswa. Keterampilan bertanya guru terkategori “Baik” dengan persentase 76,70%, dan keaktifan belajar siswa terkategori “Baik” dengan persentase 76,40%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, ini terlihat dari r_(hitung )> r_tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,195< 0,669> 0,256), sehingga H_oditolak dan H_a diterima. Besar persentase pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 44,7%, sedangkan sisanya 55,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keterampilan bertanya, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:17
Last Modified: 21 Nov 2019 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item View Item