Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG HULU

SEFTI NIPI, 11516200242 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text (GABUNGAN)
SKRIPSI SEFTI NIPI.pdf

Download (19MB)

Abstract

Sefti Nipi, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu, sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu yang berjumlah 172 orang. Sampel penelitian berjumlah 66 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rekomendasi dari guru bahwa hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa cenderung sama dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi (66,563) dibandingkan kelas kontrol (60,735). Dari analisis hasil uji-t menunjukkan bahwa data akhir diperoleh nilai thitung = 2,3349 dan ttabel = 1,669 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Hulu. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:39
Last Modified: 22 Nov 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22700

Actions (login required)

View Item View Item