Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TERHADAP KARAKTER JUJUR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

EKA RAHMIANA DEWI, 11516202175 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TERHADAP KARAKTER JUJUR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text (GABUNGAN)
SKRIPSI EKA RAHMIANA DEWI.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Rahmiana Dewi (2019) : Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) terhadap Karakter Jujur Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter jujur siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran value clarification tehnique (VCT). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan karakter jujur siswa yang menggunakan model pembelajaran value clarification tehnique (VCT) dibandingkan karakter jujur siswa yang menggunkana metode pembelajaran lain pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2019-2020. Dengan jumlah populasi sebanyak 198 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Sampel yang diambil dengan memilih 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas X1 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran lain dan kelas X6 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran value clarification tehnique (VCT) untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan teknik analisis uji-t dari skor karakter jujur siswa antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 1,999 < 5,556 > 2,388 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakter jujur siswa yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) dibandingkan karakter jujur siswa yang menggunakan metode pembelajaran lain (postest) pada mata pelajaran ekonomi kelas X di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT), Karakter Jujur Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:56
Last Modified: 22 Nov 2019 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

View Item View Item