UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPARATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALY PADA MURID KELAS IV SDN 046 SAWAH DESA SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA

Rosliah, (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPARATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALY PADA MURID KELAS IV SDN 046 SAWAH DESA SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011329.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran pokok di Sekolah dasar, di dalamnya terdapat materi tentang kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Untuk itu guru harus berusaha agar murid termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Berdasarkan dari latar belakang penelitian, peneliti menemukan gejala-gejala pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bahwa motivasi murid dengan metode ceramah masih tergolong rendah, oleh karena itu perumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually dapat meningkatkan motivasi belajar murid? Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, ke II dan ke III – dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually sesuai dengan tujuan peneliti dapat meningkatkan motivasi murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun pemecahan masalah tersebut, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan analisis data observasi Motivasi belajar murid pada siklus I motivasi belajar murid hanya mencapai 53,09% dalam kategori sedang. Pada siklus II Motivasi belajar murid baru mencapai 75,92% masih dalam kategori sedang. Sedangkan pada siklus III motivasi belajar murid sudah mencapai 85,80% dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa motivasi murid dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individually (TAI) dapat dikatakan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:29
Last Modified: 01 Feb 2016 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item