Mayasari Octapia, - (2019) Pelaksanaan Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Memecahkan Masalah Kurang Percaya Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama IT Al-Izhar Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training untuk memecahkan masalah kurang percaya diri siswa di Sekolah Menengah Pertama IT Al-Izhar Pekanbaru yang dilakukan oleh guru BK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru BK dan 9 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini merupakan deskripsi dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training yang dilakukan oleh guru BK dimulai dengan pertama, guru Bk mengidentifikasi siswa yang mengalami masalah kurang percaya diri melalui angket, informasi yang didapat dari guru mata pelajaran dan konseling individu yang dilakukan sebelumnya. Kedua, guru BK mendapatkan data siswa yang kurang percaya diri. Ketiga, guru BK mengetahui latar belakang keluarga siswa yang kurang percaya diri melalui informasi dari wali kelas atau guru mata pelajaran. Keempat guru BK memberikan dorongan berupa kata-kata motivasi dan pemberian contoh kepada siswa yang kurang percaya diri serta mengikutsertakan siswa kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci: Percaya Diri, Teknik Assertive Training, Konseling Kelompok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 06:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 06:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22685 |
Actions (login required)
View Item |