Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BIMBINGAN DAN PENGEMBANGAN KELUARGA SAKINAH DI BP4 KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU

HIKMAH AMALIAH, 11442104644 (2019) STRATEGI BIMBINGAN DAN PENGEMBANGAN KELUARGA SAKINAH DI BP4 KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text (GABUNGAN)
gabungan.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HIKMAH AMALIAH,(2019): Strategi Bimbingan Dan Pengembangan Keluarga Sakinah di BP4 Kementerian Agama Provinsi Riau Pada dasarnya setiap calon pasangan suami istri yang akan melangsungkan atau akan membentuk suatu rumah tangga akan selalu bertujuan untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera serta kekal untuk selamany. Mewujudkan keluarga sakinah, tidak semudah membalikkan telapak tangan juga diperlukan kesabaran dan keuletan dalam mengarungi bahtera rumah tangga serta Bagi suami isteri yang belum dapat mengatasi perselisihan rumah jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk bercerai. Sehubung dengan hal tersebut maka diperlukan suatu usaha penyuluh tentang perkawinan dan keluarga sejahtera untuk membekali setiap individu agar dapat memiliki persiapan mental dan fisik serta daya tahan yang kuat dalam menghadapi goncangan dalam perkawinan BP4 (Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) merupakan salah satu lembaga yang memberikan bimbingan dan penasehatan kepada keluarga yang bermasalah, yang menjadi pokok permasalahannya yaitu ”Strategi Bimbingan Dan Pengembangan Keluarga Sakinah di BP4 Kementerian Agama Provinsi Riau.’’ Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai permasalahan dilapangan. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan informen yang berjumlah 5 orang pegawai BP4 dan satu orang ketua urais BP4. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Faktor penghambat dalam strategi bimbingan dan pengembangan keluarga sakinah di BP4 Kementerian Agama Adanya ketidak sesuaian antara profesional pembimbing dalam BP4 dan tidak adanya reward terhadap penyelesaian masalah. Kata Kunci: Strategi Bimbingan dan pengembangan BP4, keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:05
Last Modified: 21 Nov 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22683

Actions (login required)

View Item View Item