Analisis Framing Independensi Pemberitaan Media Online Detik.com Pasca Pemungutan Suara Pemilihan Presiden 17 April 2019

Nur Hidayat, - (2019) Analisis Framing Independensi Pemberitaan Media Online Detik.com Pasca Pemungutan Suara Pemilihan Presiden 17 April 2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemberitaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 merupakan salah satu topik yang hangat dan menarik bagi pemberitaan media online dan diperbincangkan masyarakat selaku pembacanya. Media online tentu sangat lah cepat dalam mengakses berita dan mengupdate berita secara cepat dan pada waktu dan hari itu juga. Dalam penelitian ini media yang diteliti yakni media online Detikcom. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana analisis framing independensi pemberitaan media online Detik.com pasca pemungutan suara pemilihan presiden 17 April 2019, yang terbit pada tanggal 17 April pukul 13.00 WIB sampai 21 April pukul 23.59 WIB. Teori yang digunakan menggunakan teori agenda setting dan teori objektivitas independensi memiliki tiga aspek yakni, nilai, proses, dan bahasa, dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman dengan meneliti unsur difine problem (definisi masalah), diagnose cause (perkiraan masalah dari sumber masalah) make moral judgement (penekanan keputusan moral), dan treatment recommendation ( penyelesaian masalah). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media online Detikcom berupaya memenuhi objektivitas dari ketiga aspek yakni nilai, proses, dan bahasa. Media online Detikcom berupaya tidak membuat atau mendukung dalam memberitakan salah satu paslon 01 mapun 02 untuk isi pemberitaanya. Kata kunci: Independensi, pemilihan presiden, analisis framing, agenda setting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:30
Last Modified: 21 Nov 2019 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item View Item