PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Wahyuni, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 012 KOTO TUO KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011327.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 012 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya: Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang cendrung banyak bermain. Dalam pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Kurangnya keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini terlihat dari sebahagian kecil siswa yang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini menunjukan bahwa minat belajar siswa masih tergolong rendah terutama pada mata pelajan Pendidikan Agama Islam. Untuk meningkatkan minat belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Strategi pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Materi Menceritakan Kisah Nabi di SDN 012 Koto Tuo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 012 Koto Tuo. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan minat belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada sebelum tindakan minat belajar masih tergolong rendah dengan nilai 48,6, dan pada siklus I minat belajar siswa dikategorikan tinggi dengan rata-rata persentase 63,8 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar siswa dengan kategori tinggi dengan rata rata persentase 70,5, dan pada siklus III juga terjadi peningkatan minat belajar siswa dengan kategori sangat tinggi dengan rata-rata persentase 83,8 dengan demikian minat belajar siswa meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 012 Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:27
Last Modified: 01 Feb 2016 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item