HAIRIYAH RAMADANI, 11516203810 (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBERDAYAAN BERFIKIR MELALUI PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 UJUNG BATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Hairiyah Ramadani, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi Pemberdayaan Berfikir Melalui Pertanyaan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujung Batu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujung Batu. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Ujung Batu. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi . Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 siswa dan X IPS 2 yang berjumlah 34 siswa dengan total keseluruhannya 70 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi , tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif . Perhitungan data dilakukan secara manual dan menggunakan SPSS yang diperoleh melalui tes dan observasi. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan diperoleh pengaruh penerapan strategi pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil T-Test yaitu 5,026. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji pengaruh Effect Size 0,600706. Berada pada interval 0,2- 0,8 yang berarti korelasinya Sedang. Semakin baik penerapan startegi pemberdayaan berfikir melalui pertanyaan maka semakin baik pula hasil belajar siswa. Kata Kunci: PBMP, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 03:37 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22664 |
Actions (login required)
View Item |