PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 058 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Herlina kasim, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 058 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011324.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil pengamatan di SDN 058 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Dari 26 siswa, hanya 10 orang yang mencapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimal yang ditetapkan sekolah yakni 65, sedangkan yang lainnya siswa belum mencapai nilai KKM, Proses belajar mengajar pendidikan agama islam tidak merangsang siswa untuk terlibat secara aktif mengikuti pelajaran, hal ini tampak dari kegiatan anak yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, Pembelajaran hanya menekankan pada segi kognitif saja kurang melibatkan siswa, sehingga siswa kurang mandiri, sehingga rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam pelajaran pendidikan Agama Islam kelas III SDN 058 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas III SDN 058 Kampar Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Sebelum diterapkannya pembelajaran kooperatif tife Examples Non Examples, rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal hanya memperoleh nilai rata-rata 49% yaitu pada materi sifat-sifat wajib bagi Allah dan diperoleh dengan menggunakan tes secara lisan. Setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tife Examples Non Examples, maka diketahui hasil belajar siswa siklus I pada rata-rata nilai 65,8. Kemudian setelah refleksi dan dilakukan perbaikan terhadap kelemahan pembelajaran. Diketahui pada siklus kedua rata-rata nilai hasil belajar siswa tercapai pada nilai rata rata 75,8, dan pada siklus III, hasil belajar siswa juga meninkat dengan perolehan rata rata secara klasikal adalah 80,6 dengan kategori baik. Artinya seluruh siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan, sehingga hal ini mengindikasikan keberhasilan penelitian. Karena indikator keberhasilan yang ditetapkan telah melebihi 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:25
Last Modified: 01 Feb 2016 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item