Peran Relawan Dalam Penghimpunan Dana Zakat, Infak, Dan Shadaqah di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau.

Sry Lestari Dewi, - (2019) Peran Relawan Dalam Penghimpunan Dana Zakat, Infak, Dan Shadaqah di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Sry Lestari Dewi Nim : 11544204309 Judul : Peran Relawan Dalam Penghimpunan Dana Zakat, Infak, Dan Shadaqah di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa apa saja tugas atau peran relawan dan seberapa berperan Relawan dalam suatu Lembaga Zakat khususnya dalam penghimpunan zakat, infak dan shadaqah. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Relawan dalam penghimpunan dana zakat, infak dan shadaqah. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran relawan dalam penghimpunan dana zakat, infak dan shadaqah. Informan dari penelitian ini berjumlah lima orang, tiga dari pengurus LAZ Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau, dua orang dari Relawan yang ada pada LAZ IZI Perwakilan Riau. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui obseravsi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran relawan dalam penghimpunan dana zakat, infak dan shadaqah pada LAZ IZI Perwakilan Riau, yaitu: Pertama, melakukan sosialisasi, ini dilakukan dengan memasukan surat permohonan ke instansi-instansi, melalui seminar, menjadi sponsor di acara orang lain, dan penyebaran brosur-brosur ataupun presentasi langsung ke jamaah. Kedua, melakukan penggalangan dana, ini dilakukan di event-event tertentu, gerai-gerai dan juga pada masjid. Tiga, mengedukasi zakat, dialukan dengan beberapa metode yaitu metode game zakat, presentasi langsung, menyebarkan brosur-brosur, phonseling dan juga melalui media sosial. Empat, melakukan evaluasi,dilakukan dengan dibagi menjadi empat bagian yaitu: evaluasi harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Lima, membuat laporan, ini dilakukan melalui kertas formulir setoran zakat (FSZ), dilakukan penacatatn langsung didepan muzakki ketika melakukan akad pembayaran zakat, infak, dan shdaqah, juga melalui aplikasi dan website yang ada pada Lembaga. Dan relawan menjalankan perannya masih memakai kebijakan lembaga. Kata kunci: Peran, Relawan, Penghimpunan, ZIS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:29
Last Modified: 20 Nov 2019 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22654

Actions (login required)

View Item View Item