PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI SIFAT JAIZ BAGI ALLAH SWT PADA SISWA KELAS IV SDN 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Idarmainis, (2011) PENERAPAN STRATEGI THE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI SIFAT JAIZ BAGI ALLAH SWT PADA SISWA KELAS IV SDN 032 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011323.pdf

Download (750kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Sekolah Dasar Negeri 032 Koto Perambahan ditemui gejala-gejala atau fenomena khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, antara lain sebagian siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, dan cara guru mengajar yang kurang menarik perhatian siswa. Strategi The firing Line merupakan cara gerakan cepat yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Ia menonjolkan secara terus menerus pasangan yang berputar. Peserta didik mendapat kesempatan untuk merespon secara cepat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi The Firing Line dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Isalam (PAI) materi sifat jaiz bagi Allah SWT siswa kelas IV SDN 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam murid kelas IV SDN 032 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar melalui strategi The Firing Line. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang diuraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan/ persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi The Firing Line pada mata pelajaran PAI, diketahui bahwa adanya peningkatan tes hasil belajar dari sebelum tindakan, siklus I hingga siklus II. Sebelum tindakan hasil belajar siswa tergolong sedang dengan persentase dengan rata-rata 56,8%, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa 72,2% sedang. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II (85,2%) baik. Dari data di atas diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi sifat jaiz bagi Allah SWT dapat meningkat melalui penerapan strategi The Firing Line.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:24
Last Modified: 01 Feb 2016 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item