NINDIA ANGGRAINI, 11515203340 (2019) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MTSN 03 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1-digabungkan.pdf Download (24MB) |
Abstract
ABSTRAK Nindia Anggraini, (2019) : Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di tinjau dari motivasi belajar siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 03 Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model CTL dan kelas VII 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrument tes. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang yang menggunakan model CTL dengan siswa yang yang mengikuti pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang yang menggunakan model CTL dengan siswa yang yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari motivasi belajar siswa; 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Secara umum diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang yang menggunakan model CTL dengan siswa yang yang mengikuti pembelajaran langsung. Hasil nya di peroleh bahwa t_hitung>t_tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,9417>1,9925. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTsN 03 Kota Pekanbaru. Kata kunci: contextual teaching and learning, kemampuan pemahaman konsep, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 02:55 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22639 |
Actions (login required)
View Item |