PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs AL-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Mashitha, (2011) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTs AL-ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011317.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa di MTs Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (kemampuan komunikasi guru) dan variabel Y (minat belajar siswa). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru yang ada di MTs Al-islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang brjumlah 24 orang guru dan dan 124 orang siswa. Untuk guru penulis tidak mengambil sampel, sedangkan untuk siswa penulis mengambil sampel di klas XIII dengan tehnik pruposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 24 orang. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan komunikasi pembelajaran guru penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi , sedangkan untuk mengetahui minat belajar siswa penulis menggunakan tehnik pengumpulan data berupa angket. Setlah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui rgresi linier dengan metode kuadrat terkecil. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan atas kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa di MTs Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini diketahui dengan adanya pengaruh positif yang signifikan atas kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa, yaitu 0,796 sedangkan Koefisien Determinasi (R Square) adalah 0,634 dan kontribusi kemampuan komunikasi pembelajaran guru terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 63.4%. selebihnya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:21
Last Modified: 01 Feb 2016 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item