Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

pengaruh dosis pupuk organik cair eceng gondok terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung (solanum melongena l)

SYAMSUL KAMIL, 11382105473 (2019) pengaruh dosis pupuk organik cair eceng gondok terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung (solanum melongena l). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
15. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR ECENG GONDOK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) Syamsul Kamil (113821054734) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Irwan Taslapratama INTISARI Terung merupakan salah satu jenis sayuran buah yang digemari oleh kalangan masyarakat, untuk meningkatkan perkembangan dan hasil tanaman terung dapat menggunakan pupuk organik cair. Salah satu tanaman yang bisa dijadikan pupuk organik cair adalah eceng gondok. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan dosis pupuk cair eceng gondok yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan September 2018 sampai Desember 2018 di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor. Dosis pupuk organic cair eceng gondok terdiri dari 5 taraf (0 ml, 100 ml, 200ml, 300 ml, dan 400 ml). Hasil penelitian berdasarkan sidik ragam memperlihatkan bahwa pupuk organic cair eceng gondok berpengaruh sangat nyata terhadap parameter buah berat per tanaman, berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, panjang daun, jumlah daun, dan berat buah per buah, berpengaruh tidak nyata terhadap parameter lebar daun, panjang buah dan diameter buah. Kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa pemberian perlakuan dosis pupuk organik cair eceng gondok 300 ml memberikan hasil terbaik untuk parameter jumlah daun, berat buah per buah, berat buah per tanaman, panjang buah, dan diameter buah. Kata Kunci: Terung; Pupuk Organik Cair Eceng Gondok; Dosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:42
Last Modified: 19 Nov 2019 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22620

Actions (login required)

View Item View Item