PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI KABUPATEN PELALAWAN BELAJAR

Husaini, (2011) PENERAPAN METODE NON DIRECTIVE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA LUBUK KEMBANG SARI KECAMATAN UKUI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI KABUPATEN PELALAWAN BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011290.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di MIN Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang cendrung banyak bermain ketika proses pembelajaran berlangsung, dalam pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru, anak sering melamun ataupun bercerita dengan teman sebangku ketika guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas, dan aktivitas dalam proses diskusi siswa kurang aktif sehingga menuntut kreatifitas guru untuk menggugah keaktifan dalam berdiskusi, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam arti keaktifan belajar siswa masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan metode non directive dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V MIN Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan penerapan metode Non Directive dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V MIN Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata persentase 44.2%, dan pada siklus pertama naik menjadi 63.0% dengan kategori tinggi, sedangkan pada siklus kedua keaktifan belajar siswa dikategorikan sangat tingg dengan rata-rata persentase 81.8%. Ketuntasan / keberhasilan 81,8% siswa telah mencapai nilai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tingkat keberhasilan telah melebihi 75,0% dari jumlah seluruh siswa, artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%), artinya keaktifan belajar siswa kelas V MIN Lubuk Kembang Sari Kecamatan dapat ditingkatkan melalui penerapan metode non directive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:20
Last Modified: 01 Feb 2016 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item