Jamiati (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 040 SALO KECAMATAN SALO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011287.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 040 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar murid, diantaranya hasil belajar yang diperoleh murid belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Lebih dari 60% dari seluruh murid yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70 yang ditetapkan, murid terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru dikelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 65% murid jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya, dari tugas atau PR yang diberikan guru, hanya 10% hingga 38% yang dapat mengerjakan PR dengan benar dan sisanya masih banyak terdapat kesalahan, dan kurangnya keinginan murid dalam menjawab pertanyaan ketika pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Murid Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) kelas IV SDN 040 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan ke siklus I dan ke siklus II serta siklus keIII. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar murid tergolong sedang dengan rata-rata 56,6%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 64%, sedangkan hasil belajar murid pada siklus ke II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 71,9% dengan kategori baik, pada siklus ke III terjadi peningkatan dengan rata-rata 83,1% denga kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SDN 040 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil belajar murid diperoleh pada siklus III, dapat diketahui hasil belajar murid telah mencapai kriteria keberhasilan, yaitu mencapai 75%. Untuk itu, tindakan yang peneliti lakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) pada murid kelas IV SDN 040 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar hanya pada siklus III, karena sudah jelas hasil belajar murid yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 04:19 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 04:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2261 |
Actions (login required)
View Item |