Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PT CIOMAS ADISATWA PEKANBARU UNIT BANGKINANG DALAM KERJASAMA USAHA TERNAK AYAM BROILER DITINJAU MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM.

DEDEH ASMINI, 11525203956 (2019) PERAN PT CIOMAS ADISATWA PEKANBARU UNIT BANGKINANG DALAM KERJASAMA USAHA TERNAK AYAM BROILER DITINJAU MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang merupakan anak perusahaan dari PT Jafra Comfeed Indonesia Tbk yang ada di kota Pekanbaru di Jl. Bukit Barisan No.63. Sejak tahun 2017 sampai dengan Agustus tahun 2019 ditemukan bahwa kerjasama usaha ternak ayam broiler oleh PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang memperlihatkan jumlah mitra yang banyak, tetapi masih ada masyarakat belum mendapatkan kesempatan untuk menjalin kemitraan. Sedangkan jumlah permintaan akan produksi ternak ayam broiler atau pedaging semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya jumlah kuliner yang menggunakan bahan dasar ayam. Maka dirumusan masalah penulis membuat bagaimana peran PT Ciomas Adisatwa dalam kerjasama usaha ternak ayam broiler, apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan usaha peternakan ayam broiler dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam dalam kerjasama usaha ternak ayam broiler. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 220 orang, karena populasi terlalu banyak maka diambil 23 % dari 220 peternak, maka didapat sampel 50 orang dengan tehnik yang digunakan adalah accidental sampling yaitu tehnik yang digunakan memilih sampel secara kebetulan yang bertemu dengan peneliti.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuisioner, studi pustaka dan dokumentasi. Penulisan yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang bahwa peran PT dalam kerjasama usaha ternak ayam broiler yang dilakukan oleh kepala Unit atau pimpinan beserta karyawan PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang telah terlaksana dengan baik, yaitu telah menjalankan prinsip Syirkah, pelayanan yang diberikan berupa bimbingan teknis, pengawasan dan terbukti dengan produksi dan distribusi DOC (Day Old Chicken), pakan, dan vaksin atau obat-obatan. Faktor pendukung setelah menjalin kemitraan dengan PT peternak mengeluarkan biaya tidak mahal, tingkat kematian ayam broiler menurun serta pemasarannya sangat mudah dan faktor penghambatnya sebelum melakukan kemitraan biaya yang dibutuhkan sangat besar, tingginya tingkat kematian ayam dan pemasarannya sangat sulit, sedangkan menurut tinjauan ekonomi Islam PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang dalam kerjasama usaha ternak ayam broilernya sudah sesuai dengan prinsip syariah, maksudnya disini kepala Unit beserta karyawan PT Ciomas Adisatwa Pekanbaru Unit Bangkinang sudah melaksanakan kerjasamanya, sesuai dengan apa yang diharapkan baik dari peran PT nya, produksi dan distribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:22
Last Modified: 19 Nov 2019 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item View Item