Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA DAYA SERAP HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TERHADAP INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGGUNAKAN ¬FREQUENT PATTERN-GROWTH

SELVIRA EKA PUTRI, 11551204742 (2019) POLA DAYA SERAP HASIL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA TERHADAP INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI MENGGUNAKAN ¬FREQUENT PATTERN-GROWTH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali bab V hasil penelitian.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
file bab V hasil penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ujian Nasional (UN) menjadi standarisasi seluruh jenjang pendidikan yang dilaksanakan untuk semua sekolah yang berada di Indonesia, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Ujian Nasional menjadi tolak ukur terhadap penilaian pencapaian kompetensi lulusan secara nasional. Daya serap sangat erat kaitannya dengan Ujian Nasional karena terdapat hasil indikator uji didalamnya. Berdasarkan laporan hasil UN Kemdikbud tahun 2018 bahwa hasil UN Matematika pada jurusan IPA SMA/MA Negeri dan Swasta provinsi Riau dalam empat tahun terakhir ini mengalami penurunan. Berdasarkan permasalahan, maka pada penelitian ini dilakukan analisis pola daya serap hasil UN terhadap indikator pencapaian kompetensi menggunakan algoritma Frequent Patern-Growth, dengan jumlah data 1.672 records, atribut yang digunakan yaitu, Statistika, Aljabar, Geometri, dan kalkulus. Hasil pola yang ditemukan dari penelitian ini adalah 91 pola. Pola 4 itemset dengan nilai support dan confidence tertinggi adalah kombinasi jika Statistika = Tidak Tuntas, Aljabar = Tidak Tuntas, dan Geometri = Tidak Tuntas, maka Kalkulus = Tidak Tuntas, dengan nilai support 58%, confidence 99%, dan lift ratio 1,1401. Hasil aplikasi yang dibangun menggunakan Matlab kemudian di uji menggunakan tools SPMF. Jumlah pola, nilai support, confidence, dan lift ratio yang dihasilkan aplikasi yang dibangun sama dengan jumlah pola, nilai support, confidence, dan lift ratio yang dihasilkan SPMF. Kata Kunci: Daya Serap, Frequent Pattern – Growth, Indikator Uji, Matlab, SPMF, Ujian Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:08
Last Modified: 19 Nov 2019 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item