Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Surety Bond Oleh Pt Asuransi Ekspor Indonesia Kota Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Menteri No 124/Pmk.101/2008 Tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit Dan Suretyship (Study Jaminan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Tahun 2008)

Dian Perdana, - (2019) Pelaksanaan Surety Bond Oleh Pt Asuransi Ekspor Indonesia Kota Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Menteri No 124/Pmk.101/2008 Tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit Dan Suretyship (Study Jaminan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Tahun 2008). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pelaksanaan surety bond oleh PT Asuransi Ekspor Indonesia Kota Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 124/PMK.101/2008 Tentang Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit Dan Suretyship study pada jaminan pelaksanaan pembangunan infrastruktur tahun 2018. Surety Bond atau juga disebut jaminan tender ini merupakan suatu produk inovatif perusahaan asuransi sebagai upaya pengambil alihan potensi resiko kerugian yang mungkin dialami oleh salah satu pihak atas kepercayaan yang diberikannya pada pihak lain dalam pelaksanaan kontrak yang telah disepakati oleh mereka. Jaminan haya ada apabila kegagalan tersebut terjadi akibat kesalahan dari principal melaksanakan tugasnya sesuai isi kontrak kerja, Bila dikaji lebih dalam respon positif terhadap surety bond ini belum cukup kuat disebabkan oleh beberapa kasus ketidakpastian penyelesaian klaim surety bond itu sendiri dimana surety bond itu sendiri dalam penyelesaian klaim berpegang pada prinsip unconditional dimana pihak asuransi mencairkan ganti rugi berdasarkan tuntutan ganti rugi oleh pihak oblige tanpa meneliti sebab – sebab terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh principal Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian hukum sosiologis. Penelitian ini berlokasi di komplek perkantoran Grand Sudirman Jalan Datuk Setia Maharaja Kota Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah 9 orang yang terdiri dari direktur operasional dan staf operasional Perusahaan Asuransi Ekspor Indonesia. Adaapun metode pengumpulan data penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara dan studi pustaka. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan metode penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pelaksanaan surety bond oleh PT Asuransi Ekspor Indonesia terhadap jaminan pembangunan infrastruktur tahun 2018 sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 124/KMK.010/2008 serta bagaimana penyelesaian klaim surety bond oleh PT Asuransi Ekspor Indonesia pada pembangunan infrastruktur tahun 2008 Dalam hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan surety bond oleh PT Asuransi Ekspor Indonesia kurang berjalan dengan efektif hal ini dapat dilihat dari kurangnya pengawasan pihak surety yang hanya melakukan monitoring melalui media telepon tanpa memilih untuk pergi kelokasi pembangunan guan mencegah terjadinya wanprestasi serta juga mengetahui sudah sejauh mana pembangunan itu berjalan dan apabila terjadinya klaim pihak PT Asuransi Ekspor Indonesia dalam pencairan klaim surety hanya bergantung pada tuntutan tagihan oleh oblige tanpa melakukan pengecekan kembali apakah tuntutan tersebut sudah seusai atau tidak sesuai dengan perjanjian antara pihak oblige dan princioal tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Nov 2019 01:43
Last Modified: 19 Nov 2019 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item