PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MEMPELAJARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AQIDAH MELALUI METODE CLUSTERING PADA KELAS V SDN 008 KECAMATAN PULAU BURUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Sumartini (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MEMPELAJARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AQIDAH MELALUI METODE CLUSTERING PADA KELAS V SDN 008 KECAMATAN PULAU BURUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011281.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Hal ini terlihat dari 33 orang siswa terdapat 15 orang siswa atau 50% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dan kurangnya keinginan siswa untuk mengajukan pertanyaan atau pendapatnya ketika pembelajaran di kelas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui Metode Clustering bisa meningkatkan hasil belajar murid dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Aqidah murid Kelas V SDN 008 Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir? Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas V tahun pelajaran 2010 - 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode Clustering. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas lima SDN 008 Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun waktu penelitian ini bulan Juli sampai dengan Oktober 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran PAI. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya Penggunaan Metode Clustering pada mata pelajaran PAI, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 48,7 dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata 66,1, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai rata-rata 85,5. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan penggunaan metode Clustering dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:12
Last Modified: 01 Feb 2016 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item