Tuti Ningsih (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 025 PULAU KECAMATAN BANGKINANG PROBLEM BASED INTRODUCTION SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011278.pdf Download (823kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 025 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah kurang baiknya aktivitas belajar siswa, diantaranya; Jika guru memberi kesempatan bertanya siswa tidak mau bertanya, Dalam pembelajaran hanya menunggu intruksi dan guru, tanpa berinisiatif untuk kreatif, Jika guru menerangkan siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif untuk bertanya, dan Siswa kurang gesit jika guru meminta untuk maju kedepan. Untuk mengatasi kurang baiknya aktivitas belajar siswa tersebut penulis menerapkan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 025 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang diuraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh anas sudijono, yaitu: 100% FN p = x Berdasarkan hasil observasi pada gejala awal aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 52,1% dengan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkam hasil observasi pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa tingkat aktivitas belajar siswa mencapai dengan rata rata persentase 70,7% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan mencapai aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata persentase 85,0% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 04:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 04:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2255 |
Actions (login required)
View Item |