Nilhusna (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS III MELALUI STRATEGI TWO STAY TWO STRAY SEKOLAH DASAR NEGERI 001 MINAS BARAT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011274.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas kelas III SDN 001 Minas Barat Kabupaten Siak ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a) Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang cenderung banyak bermain b) Dalam pembelajaran siswa cenderung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru c) Dalam proses belajar mengajar banyak dari siswa yang tidak dapat memberikan pertanyaan kepada guru tentang pelajaran yang di sampaikan oleh guru d) Kurangnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru saat pembelajaran di kelas. Dari 30 orang siswa, hanya 1 atau 2 orang saja yang dapat menjawab pertanyaan e) Kurangnya kemampuan siswa dalam bekerjasama atau belajar secara berkelompok. . Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan strategi dua tinggal dua tamu (Two Stay two Stray) kelas III SDN 001 Minas Barat Kabupaten Siak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah Membiasakan perilaku terpuji, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 35,2% ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 60, 3%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 78,9 hal ini menunjukan bahwa melalui Strategi dua tinggal dua tamu (Two Stay two Stray) Di kelas III SDN 001 Minas Barat Kabupaten Siak dapat diterapkan. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas III SDN 001 Minas Barat Kabupaten Siak dapat ditingkatkan Melalui Strategi Dua Tinggal Dua Tamu” diterima”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 04:10 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2254 |
Actions (login required)
View Item |