Yulia Febriyati (2017) Pengaruh Peran Guru Terhadap Pemahaman Ekonomi Syari’ah Pada Siswa SMKIT Perbankan Syariah Al-Izhar School Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201718ES-S2COVER.pdf Download (263kB) |
|
Text
2. 201718ES-S2PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
|
Text
3. 201718ES-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (266kB) |
|
Text
4. 201718ES-S2DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
|
Text
5. 201718ES-S2ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
6. 201718ES-S2BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
7. 201718ES-S2BAB II.pdf Download (545kB) |
|
Text
8. 201718ES-S2BAB III.pdf Download (332kB) |
|
Text
9. 201718ES-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Text
10. 201718ES-S2BAB V.pdf Download (265kB) |
|
Text
11. 201718ES-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran baik melalui kegiatan informal maupun formal yang tujuannya tidak lain adalah untuk pengembangan diri individu, untuk menguasi berbagai aspek baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Peran guru mempunyai pengaruh yang besar terhadap pemahaman siswa dalam memahami sebuah pelajaran. Guru yang berperan total dalam memberikan pemahaman kepada siswa/i pada sebuah pelajaran maka siswa akan benar-benar memahami sehingga siswa dapat mengingat dan kemudian mempraktekannya dalam pengaplikasian ilmu yang diberikan guru serta pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran guru terhadap pemahaman ekonomi syari’ah pada siswa SMKIT Perbankan Syariah Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa SMKIT Perbankan Syari’ah Al-Izhar School Pekanbaru yang berjumlah 61 siswa, diperkecil dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael berdasarkan tingkat kesalahan 5% sehingga jumlah sampelnya adalah 57 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial peran guru berpengaruh positif terhadap pemahaman ekonomi syariah pada siswa SMKIT Perbankan Syariah Al-Izhar School Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > daripada t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil pengujian simultan (uji F ) diperoleh nilai F hitung > F tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel bebas (peran guru) terhadap variabel terikat (pemahaman ekonomi syari’ah). Kata Kunci : Peran Guru, pemahaman, ekonomi syariah.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 05:05 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 05:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22536 |
Actions (login required)
View Item |