PENGGUNAAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 026 LABOY JAYA KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Jasma Yuhas, (2011) PENGGUNAAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 026 LABOY JAYA KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011265.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas IV SDN 026 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil pengamatan awal di Sekolah Dasar Negeri 026 Laboy Jaya Kecamatan Bankinang Kabupaten Kampar khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam ditemui fenomena sebagai berikut:1) Sebagian besar siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam, karena sebagain besar siswa kurang menanggapi penjelasan dari guru, 2) Kurangnya upaya siswa dalam menemukan sendiri jawaban dari suatu pertanyaan yang diberikan oleh guru Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan Strategi Lightening The Learning Climate. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah menceritakan kisah Nabi, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi siswa sebelum tindakan diperoleh rata rata persentase 44,4% ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 65,3%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 85,0 hal ini menunjukan bahwa melalui Strategi Lightening The Learning Climate dapat diterapkan. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” dengan penerapan strategi Lightening The Learning Climate (Menghidupkan Suasana Belajar), maka motivasi belajar Agama siswa kelas IV SDN 026 Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar akan meningkat.” diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:07
Last Modified: 01 Feb 2016 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item