Strategi Pendidik dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Future Islamic School Pekanbaru)

Siti Rahmawati, (2017) Strategi Pendidik dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Future Islamic School Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201711PAI-S2Cover.pdf

Download (280kB)
[img] Text
2. 201711PAI-S2Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. 201711PAI-S2Kata Pengantar.pdf

Download (320kB)
[img] Text
4. 201711PAI-S2Daftar Isi.pdf

Download (328kB)
[img] Text
5. 201711PAI-S2Abstrak.pdf

Download (493kB)
[img] Text
6. 201711PAI-S2BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
7. 201711PAI-S2BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
8. 201711PAI-S2BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
9. 201711PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. 201711PAI-S2BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
11. 201711PAI-S2Kajian Pustaka.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitianini dilatarbelakangi karena saat ini dunia pendidikan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan. Diantara permasalahannya adalah timbulnya berbagai macam bentuk kenakalan remaja. Masa remaja sangat potensial untuk berkembang ke arah negatif maupun positif. Oleh karena itu intervensi edukatif dalam bentuk pendidikan, bimbingan, maupun pendampingan sangat diperlukan untuk mengarahkan perkembangan potensi remaja tersebut agar berkembang ke arah yang positif dan produktif. Usaha tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya peran serta pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendidik dalam mengatasi kenakalan siswa, untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pendidik dalam mengatsi kenakalan siswa, dan untuk mengetahui bentukbentuk kenakalan siswa di SMPIT FIS Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pendidik di SMPIT FIS Pekanbaru dan objeknya adalah Strategi pendidik dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP FIS Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan tekhnik observasi dan wawancara.Data observasi dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Dari hasil penelitian dengan tekhnik wawancara diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh pendidik di SMPIT FIS Pekanbaru sebagian besar menggunakan pendekatan individual, para pendidik lebih sering berhadapan langsung dengan siswa dalam mengatasi kenakalan yang dilakukan siswa. Selain itu diketahui juga bahwa kenakalan yang dilakukan oleh siswa disadari sendiri oleh siswa tersebut. Adapun kenakalan yang dilakukan seperti berkelahi, tidur saat PBM, tidak mengerjakan tugas, tidak memakai seragam, membawa Hp, berkata kotor, danmencontek. Sedangkan dari hasil observasi menunjukkan Strategi pendidik dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPIT FIS Pekanbaru tergolong kurang baik dengan persentase berkisar antara 41%-60% yakni sebesar 48,8%. Pendidik tidak mencatat bentuk kenakalan siswa dan kurangnya kerjasama dengan pihak dalam maupun luar sekolah. Para pendidik juga tidak mempunyai program layanan bimbingan konseling, masih ada pendidik yang tidak meneliti kemajuan dan memberikan layanan konseling kepada peserta didiknya.Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pendidik dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPIT FIS Pekanbaru adalah faktor keribadian yang cukup baik, namun pengalaman bimbingan konseling pendidik yang masih kurang, dan latar belakang pendidikan bukan dari pendidikan Bimbingan Konseling (BK). Kata kunci: Strategipendidik, kenakalanremaja, penanggulangan, pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:41
Last Modified: 18 Nov 2019 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22517

Actions (login required)

View Item View Item