Supri (2017) Konsep Pengembangan Potensi Akal, Indra Dan Qalbu Menurut Al-Qur’an Dalam Proses Pembelajaran Pendi dikan Dasar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 20178PAI-S2COVER.pdf Download (259kB) |
|
Other
2. 20178PAI-S2LEMBAR PENGESAHAN.PDF Download (6MB) |
|
Text
3. 20178PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (382kB) |
|
Text
4. 20178PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) |
|
Text
5. 20178PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (712kB) |
|
Text
6. 20178PAI-S2BAB I SIDANG.pdf Download (445kB) |
|
Text
7. 20178PAI-S2BAB II Sidang.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. 20178PAI-S2BAB III sidang.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. 20178PAI-S2BAB IV Sidang.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
10. 20178PAI-S2BAB V Sidang.pdf Download (334kB) |
|
Text
11. 20178PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN TESIS.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Manusia dilengkapi dengan fitrah Allah yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk yang mulia dan sebaik-baik ciptaan (ahsani taqwim). Pikiran, perasaan, dan kemampuannya berbuat merupakan komponen fitrah Allah yang melengkapi penciptaan manusia, sebagaimana yang tersurat dalam al-Qur’an surat ar-Rum ayat 30. Potensi yang ada perlu dikembangkan, sehigga anak tumbuh menjadi manusia yang insan kamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Potensi Akal, Indra Dan Qalbu dalam Al-Qur’an dan untuk mengetahui Bagaimana Konsep Pengembangan Potensi Akal, Indra Dan Qalbu menurut Al-Qur’an dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research. Objek penelitian ini adalah Al-Qur’an. Sejalan dengan itu, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode tafsir Al-Qur’an. Sumber primer adalah Al-qur’an dan sumberskundernya adalah tulisan yang berhubungan dengan penelitian penulis. Sedangkan teknik analis datanya yang digunakan adalah, Pertama, memilih istilah-istilah kunci (key terms) dari vocabulary Al-Qur’an dalam menjelaskan manusia. Kedua, menentukan makna pokok (basic meaning) dan makna nasabi (relational meaning), Ketiga, menyimpulkan dan menyatukan konsep-konsep itu ke dalam satu konsep umum. Berdasarkan hasil analis yang penulis dilakukan, dapat diketahui bahwa Potensi Akal yang terdapat dalam al-qur’an adalah berupa, memahami (faqiha), mengetahui (‘alima), mengingat (dzakara), memperhatikan (tadabbara) dan lupa (ghafala) Ulu al-Abab, dan berpikir (tafakkur). Adapun Potensi Indra yang terdapat dalam al-qur’an adalah pendengaran (al-sam’), penglihatan (al-basr), raba dan indra rasa (al-dhuq). Sedangkan Potensi qalb yang terdapat dalam al-qur’an adalah, shadr, fu’ād, qalb dan lubb, ketiga potensi tersebut memiliki hubungan yang erat dan saling membutuhkan agar manusia merespon apa yang ada disekitarnya.Potensi dapat diibaratkan seperti tumbuhtumbuhan, oleh sebab itu perlu ada konsep yang tepat dalam pengembangan ketiga ptensi tersebut. Adapun Konsep Pengembangan Potensi Akal Indra dan Qalbu Menurut Al-Qur’an dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Dasar adalah dengan melalui pendekatan, Tafakur, Taddabbur dan penanama akidah yang baik, dengan melaui Pendekatan, Metode, Teknik dan Strategi Pembelajaran yang sesuai dengan materi ketiga potensi tersebut, baik akal, indra dan qalb. Dengan dipelihara, dibimbing dan dikembangkan secara terarah, bertahap dan berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 03:15 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22510 |
Actions (login required)
View Item |