NUR AZIZ (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Kecamatan Bengkalis. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 20177PAI-S2Koper Tesis.pdf Download (264kB) |
|
Text
2. 20177PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (332kB) |
|
Text
3. 20177PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (257kB) |
|
Text
4. 20177PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) |
|
Text
5. 20177PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
|
Text
6. 20177PAI-S2BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
7. 20177PAI-S2BAB II.pdf Download (461kB) |
|
Text
8. 20177PAI-S2BAB III.pdf Download (325kB) |
|
Text
9. 20177PAI-S2BAB IV.pdf Download (721kB) |
|
Text
10. 20177PAI-S2BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
Text
11. 20177PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
Abstract
Meneliti guru sebagai salah seorang pelaksana pendidikan di sekolah atau madrasah sangat diperlukan. Tidak jarang ditemukan guru yang kurang memiliki gairah dalam melakukan tugasnya, yang berakibat kurang berhasilnya tujuan yang ingin dicapai. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi guru dalam bekerja. Motivasi dapat dipandang sebagai energy dalam diri seseorang yang ditandai oleh munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan dan sebagai Kepala Sekolah yang salah satu fungsinya sebagai motivator haruslah mampu meningkatkan motivasi kerja bawahannya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemimpin. Cara itu mencerminkan gaya atau tipe kepemimpinan yang dijalankan. Adapun tujuan penulis melakukan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di MTs Negeri Bengkalis. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas (X ) yang mencakup gaya direktif, partisipatif, supportive, dan Goal Oriented. Sedangkan motivasi kerja guru sebagai variable terikat (Y ). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua guru MTsN Bengkalis yang berjumlah 52 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana semua populasi yang ada dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X ) dengan motivasi kerja guru (Y ) di MTs Negeri Kabupaten Bengkalis. Hal ini, ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0.494, sedangkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000. Tabel tersebut juga ditandai dengan adanya tanda bintang (** ) yaitu signifikan pada taraf 0.01%, pada korelasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru tersebut. Adapun tingkat hubungan atau keterpengaruhan antara gaya kepemimpinan (variabel X ) terhadap motivasi kerja (variabel Y )adalah dengan 2 melihat nilai R atau R Square pada tabel tersebut. Pada tabel di atas menunjukkan 2 nilai R adalah 0,251. Artinya, bahwa pengaruh gaya kepemimpinan (variabel X ) terhadap motivasi kerja (variabel Y ) adalah sebesar 25,1%, sedangkan sisanya yaitu 63.2% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kesimpulan ini memiliki standar kesalahan estimasi sebesar 6.309. Berdasarkan analisis maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi kerja guru MTsN Kecamatan Bengkalis. Hal ini ditunjukkan oleh nilai R Square pada uji koefisien determinasi sebesar 0,251. Artinya 25,1% motivasi kerja guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Artinya semakin baik gaya kepemimpinan maka motivasi kerja guru semakin baik dan gaya kepemimpinan yang dominan dilakukan oleh kepala sekolah MTsN Kecamatan Bengkalis adalah gaya kepemimpinan partisipasi (partisipative leadership ).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 03:09 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22505 |
Actions (login required)
View Item |