PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI GUIDED TEACHING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Yulinet Helfia, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI GUIDED TEACHING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011258.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala seperti, Hanya sebagian kecil siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. dari 35 orang siswa hanya 50% atau 18 orang siswa yang mampu mencapai KKM, adanya sebagian murid yang sulit memahami pelajaran yang disampaikan, hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh guru hanya sebagian murid yang memperoleh nilai baik dan dapat mengerjakan soal dengan benar, sulitnya murid memusatkan perhatian sehingga murid tidak mendapat informasi atau penyelesaian dari teman kelompok ataupun guru dan kurangnya aktivitas murid dalam membangun pengetahuan dan kurangnya keberanian murid dalam mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak mengerti kepada guru dalam proses pembelajaran.. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 1 Salo. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa VIIA SMPN 1 Salo Kecamatan Salo yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objeknya adalah Usaha Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Strategi Guided Teaching Pada materi Iman kepada Allah SWT Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya Strategi Guided Teaching pada mata pelajaran PAI, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I, Siklus II dan siklus III. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai dengan jumlah rata-rata 62,7 dengan kategori sedang, pada siklus II hasil belajar siswa memperoleh nilai dengan jumlah rata-rata 74,9 dengan kategori tinggi, dan pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 83,1 dengan kategori sangat tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran PAI dengan strategi guided teaching dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:04
Last Modified: 01 Feb 2016 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item