PENGARUH BEBAN PAJAK, INTANGIBLE ASSET, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

Ade Anggraini, - (2019) PENGARUH BEBAN PAJAK, INTANGIBLE ASSET, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)

Abstract

Ade Anggraini (2019): PENGARUH BEBAN PAJAK, INTANGIBLE ASSET, TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017) Fenomena transfer pricing bisa terjadi karena manajemen dalam suatu perusahaan cenderung termotivasi oleh kepentingan sendiri. Dalam pemenuhan kebutuhan/kepentingan para manajemen untuk meningkatkan laba perusahaan semaksimal mungkin, manajemen akan berupaya untuk menghindari pajak. Salah satu upaya yang dilakukan manajemen adalah dengan melakukan transfer pricing. Penelitian ini menguji beberapa faktor yakni beban pajak, intangible asset,tunneling incentive,mekanisme bonus, dan kepemilikan asing yang mempengaruhi perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017 untuk melakukan transfer pricing. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah populasi sebesar 17perusahaan dengan jumlah sampel14 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yaitu menggunakan analisis regresi data panel dan menggunakan alat bantu program computer EViews versi 10.Hasil dari penelitian ini menunjukan beban pajak tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing, intangible asset berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, tunneling incentive berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing dankepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Sedangkan Koefisien Determinasi (R ^2) menunjukan bahwa 100% variabeldependen yakni transfer pricing dapat dijelaskan dan dipengaruhi oleh variabel beban pajak, intangible asset,tunneling incentive,mekanisme bonus dan kepemilikan asing. Kata Kunci: Transfer Pricing, Beban Pajak, Intangible Asset, Tunnelling Incentive, Mekanisme Bonus dan Kepemilikan Asing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 16 Nov 2019 07:55
Last Modified: 16 Nov 2019 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22493

Actions (login required)

View Item View Item