Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU

ANNISA DWI MARWANTI, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN OKE.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Dwi Marwanti, (2019) : Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran think pair share dengan media audiovisual di kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir siswa pada level tingkat tinggi (HOT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya adalah 1 orang guru dan 38 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Sementara objeknya adalah model pembelajaran think pair share dan media Audiovisual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes dalam mengerjakan soal-soal level HOT pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 60,00 dengan ketuntasan klasikal 31,57%. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran think pair share dengan media audiovisual pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,68 dengan ketuntasan klasikal 52,63%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan nilai rata-rata 82,63 dan ketuntasan klasikal 78,94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dengan media Audiovisual dapat meningkatkan kemampuan berpikir tinggi siswa dalam pelajaran tematik muatan pembelajaran Pendidikan Pencasilan dan Kewarganegaraan di kelas IV D Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Kata Kunci : Hasil Belajar, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Nov 2019 04:22
Last Modified: 16 Nov 2019 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item