Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) DI SEKOLAH DASARNEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTOKAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Salma (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) DI SEKOLAH DASARNEGERI 010 TANJUNG ALAI KECAMATAN XIII KOTOKAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011257.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa didalam belajar seperti : a) Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil belajar siswa masih mencapai rata-rata kelas 50,0 atau 13 murid belum mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan yaitu 60 b) Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas terutama pada materi kisah nabi, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% atau 16 siswa dari jumlah siswa sebanyak 25 siswa yang jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya c) Faktor lain yang menyebabkan hasil belajar rendah di antaranya adalah suasana dalam proses pembelajaran kurang kondusif sehingga siswa sulit untuk berkosentrasi pada mata pelajaran yang di jelaskan oleh guru. . Untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa tersebut maka penulis menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) kelas IV SDN 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil tes hasil belajar sebelum penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) diperoleh rata-rata 49,6% dengan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkam hasil tes hasil belajar pada siklus pertama yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai dengan persentase 59,8% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka 71,8% dengan kategori baik. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi ” melalui model pembelajan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), maka hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas IV SDN 010 Tanjung Alai Kecamatan XIII koto Kampar Kabupaten Kampar akan meningkat.” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:03
Last Modified: 01 Feb 2016 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item