ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI KELAPA SAWIT RAKYAT DI TASIK SERAI BARAT KABUPATEN BENGKALIS

ANZAS ARIKA, 11582100839 (2019) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PRODUKSI KELAPA SAWIT RAKYAT DI TASIK SERAI BARAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover- sampai lampiran kecuali bab iv.pdf

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang mempunyai peran penting bagi subsektor perkebunan, dalam budidaya kelapa sawit faktor produksi merupakan penentu pencapaian produksi. Proses produksi baru bisa berjalan bila persyaratan yang dibutuhkan dapat dipenuhi, persyaratan ini lebih dikenal dengan faktor produksi. Secara umum faktor produksi yang mempengaruhi produktivitas kelapa sawit yaitu luas lahan, bibit berkualitas, pupuk, herbisida dan tenaga kerja Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dari produksi kelapa sawit di Tasik Serai Barat Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2019 di Desa Tasik Serai Barat Kabupaten Bengkalis. Sampel yang diambil sebanyak 64 responden dengan menggunakan teknik slovin. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS untuk mengetahui pengaruh faktor independen; luas lahan, herbisida, pupuk, hari orang kerja (HOK), terhadap faktor dependen; hasil produksi kelapa sawit di Desa Tasik Serai Barat Kabupaten Bengkalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas lahan, hari orang kerja (HOK) berpengaruh nyata terhadap produksi kelapa sawit di Desa Tasik Serai Barat Kabupaten Bengkalis, sedangkan herbisida dan pupuk tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit di Tasik Serai Barat Kabupaten Bengkalis. Nilai R2 sebesar 0.627 yang berarti besarnya pengaruh dan sumbangan variable bebas luas lahan, herbisida, pupuk, hari orang kerja (HOK) adalah sebesar 62.7% dan sisanya sebesar 34.3% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 Nov 2019 03:32
Last Modified: 16 Nov 2019 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item View Item