Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

RINI ANDANI, 11516200076 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rini Andani, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning yang dipilih secara purposial sampling. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung ≥ ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% ( 1,668 < 2,8154 > 2,382 ) yang berarti adanya pengaruh terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circuit learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Adapun besarnya kontribusi pengaruhnya dicari menggunakan rumus Kp yang diperoleh sebesar 10,4 % , dan sisanya sebesar 89,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif , Circuit Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:01
Last Modified: 18 Nov 2019 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

View Item View Item