PENERAPAN STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

WIDIA ANDESRA, 11518201059 (2019) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 022 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
GABUNG OK.pdf

Download (20MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan strategi card sort di kelas III Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objeknya dalam penelitian ini adalah penerapan strategi card sort dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui data ketuntasan hasil belajar ilmu pengetahuan alam secara klasikal, sebelum dilakukan tindakan 40% atau berada kategori “kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 55% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat lagi menjadi 80% dengan kategori “sangat tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Card Sort, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Nov 2019 05:03
Last Modified: 16 Nov 2019 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item