UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN SHALAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS VII.4 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SIAK KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK

Rasyidah Rasyid, (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN SHALAT FARDHU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS VII.4 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SIAK KECAMATAN MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011250.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pelaksanaan shalat fardhu, khususnya pada mata pelajaran PAI. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan kemampuan pelaksanaan shalat fardhu siswa kelas VII.4 SMPN 4 Siak Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Shalat Fardhu melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Dalam Pelajaran PAI Kelas VII.4 SMPN 4 Siak Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Adapun waktu penelitian ini bulan Juli sampai dengan September 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan kesimpulan penelitian bahwa kemampuan melaksanakan shalat fardhu siswa kelas VII.4 SMPN 4 Kecamatan Minas Kabupaten Siak dapat ditingkatkan Melalui model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs. Pencapaian persentase pada siklus I adalah 72,73% dan pada siklus II adalah 87,60 % dengan kategori “sangat tinggi” karena berada pada rentang 76 % - 100 %. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs aktifitas siswa menjadi lebih aktif yang berarti siswa cenderung positif dalam mengikuti proses belajar mengajar yang diberikan oleh guru maupun dalam melakukan praktek. Dengan kondisi tersebut maka tingkat penerimaan siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan belajarnya terlebih yang berhubungan dengan pelajaran yang membutuhkan keterampilan tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:56
Last Modified: 01 Feb 2016 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item