Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAHNASABAH PRODUK TABUNGAN QURBAN DI PT. BPRS BERKAH DANA FADHLILLAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

NURFADILLAH, 11525204190 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAHNASABAH PRODUK TABUNGAN QURBAN DI PT. BPRS BERKAH DANA FADHLILLAH MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurfadillah (2019): Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan JumlahNasabah Produk Tabungan Qurban di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Menurut Tinjauan Ekonomi Islam Produk Tabungan Qurban merupakan salah satu produk penghimpunan dana. Tabungan qurban menggunakan akad wadiah dan tidak memperoleh bagi hasil. Sedangkan penarikan hanya dapat dilakukan ketika akan melakukan ibadah qurban. Namun semakin berkembangnya sektor perbankan di Indonesia diperlukan adanya pemasaran untuk menghadapi persaingan khususnya pada Produk Tabungan Qurban. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabungan Qurban di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah, apa saja kendala dalam memasarkan produk tabungan qurban di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabungan Qurban di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dilakukan mulai tanggal 24 Mei 2019 sampai dengan selesai. Adapun wilayah penelitian ini di laksanakan di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah, yang beralamat di Jalan Pekanbaru-Bangkinang Km. 50 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar-Riau. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang, sedangkan sampel 6 orang yang terdiri dari 5 karyawan dan 1 pimpinan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data, dikelompokkan lalu disusun dan dihubungkan dengan teori yang relevan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas kemudian untuk diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabungan Qurban di PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah sebagai berikut menggunakan marketing mix yaitu produk, harga, tempat, promosi, dan menggunakan sistem targeting. Kendala yang dihadapi yaitu promosi yang kurang maksimal dan adanya masyarakat yang kurang mengenal BPRS sehingga menyebabkan masyarakat kurang tertarik untuk menabung. Dalam tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi yang dilakukan oleh PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah secara keseluruhan telah sesuai syara’. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Qurban, PT BPRS Berkah Dana Fadhlillah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Nov 2019 02:36
Last Modified: 16 Nov 2019 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item View Item