Tinjauan Hukum Islam Terhadap Cerai Talak Dengan Alasan Murtad (Studi Analisis Putusan Nomor 1061/Pdt.G/2015/PA.Pbr di Pengadilan Agama Pekanbaru)

ROIKHATUL JANNAH, - (2019) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Cerai Talak Dengan Alasan Murtad (Studi Analisis Putusan Nomor 1061/Pdt.G/2015/PA.Pbr di Pengadilan Agama Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitain ini di latarbelakangi oleh adanya putusan Pengadilan Agama Pekanbaru mengenai Cerai Talak, diawali dengan gugatan yang diajukan penggugat (suami) mengenai perpisahan antara suami istri yang si istri sudah keluar dari islam (murtad). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pertimbangan hukum majelis hakim dalam putusan perkara nomor 1061/Pdt.G/2015/PA.Pbr tentang cerai talak dengan alasan murtad, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap putusan dalam perkara nomor 1061/Pdt.G/2015/PA.Pbr tentang cerai talak dengan alasan murtad tersebut. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (Library research), dan data tersebut berupa salinan putusan yang diambil di Pengadilan Agama pekanbaru. Data sekundernya berasal dari buku-buku yang perkaitan dengan Hukum Acara Pengadilan Agama serta buku-buku yang dianggap perlu untuk menunjang penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama mengenai pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara cerai talak, perselisihan dan pertengkaran terus menerus dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga dan dari keterangan saksi yang saling bersesuaian maka majelis hakim menjatuhkan talak satu raj’i, yang mana dengan talak bisa kembali lagi dengan syarat belum habis masa Iddah dan sudah kembali ke agama semula dan mengulang akad nikah yang baru. Sedangkan menurut Hukum Islam, sesuai dengan ketentuan hukum Islam bahwa hak talak itu pada suami dengan alasan bahwa seorang laki-laki pada umumnya lebih mengutamakan pemikiran dalam mempertimbangkan sesuatu dari pada wanita yang biasanya bertindak atas dasar emosi. Kata Kunci: Cerai Talak, Alasan Murtad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:27
Last Modified: 18 Nov 2019 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item