Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Usaha Sembako Kedai Rumahan di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir)

SILVIANA, - (2019) Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Usaha Sembako Kedai Rumahan di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Usaha Sembako Kedai Rumahan di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir).” Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Adapun masalah yang melatarbelakangi judul penelitian ini adalah Islam menjadikan lelaki sebagai kepala keluarga, ia mempunyai tanggung jawab utama lahir dan batin bagi keluarganya. Kaum laki-laki (suami) lah yang berkewajiban mencukupi segala kebutuhan rumah tangganya baik itu kebutuhan sandang, pangan, papan, keamanan, dan pendidikan. Peran perempuan secara garis besar dibagi kepada peran sebagai ibu, peran sebagai istri dan peran sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Dimana tugas alami untuk pekerjaan seorang perempuan adalah mengurus rumah tangga. Namun, lain halnya dengan para kaum perempuan yang berada di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, selain menjalankan peran utamanya sebagai seorang iu rumah tangga ia juga ikut berperan dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Adapun Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah Apa faktor penyebab ibu rumah tangga bekerja membantu pendapatan keluarga di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamtan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Bagaimana peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah tentang ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang dilakukan di Kelurahan Bagan Batu Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang pedagang perempuan, karena populasi sedikit maka semua populasi di jadikan sampel dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab ibu rumah tangga bekerja karena rendahnya pendapatan suami. Adapun peran dari ibu rumah tangga yang bekerja adalah sebagian telah mampu memenuhi kebutuhan keluarga dan dapat meringankan beban suami. Adapun menurut tinjauan Ekonomi Syariah telah sesuai dengan ekonomi syariah karena telah berupaya untuk keluar dari kondisi pendapatan rendah, sehingga pendapatan keluarga menjadi meningkat karena Islam mengajarkan umatnya untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi seorang istri harus mendapat izin dari suaminya terlebih dahulu serta tidak mengabaikan kewajiban-kewajibannya sebagai istri dan ibu dari anak- anaknya. Kata Kunci : Peran Perempuan, Meningkatkan Pendapatan Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:02
Last Modified: 15 Nov 2019 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item View Item