UPAYA KONSELOR DALAM PEMULIHAN MENTAL ANAK KORBAN KEJAHATAN SEKSUAL DI BALAI REHABILITASI ANAK MEMBUTUHKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRS-AMPK) RUMBAI PEKANBARU

Izzati Hanisah, - (2019) UPAYA KONSELOR DALAM PEMULIHAN MENTAL ANAK KORBAN KEJAHATAN SEKSUAL DI BALAI REHABILITASI ANAK MEMBUTUHKAN PERLINDUNGAN KHUSUS (BRS-AMPK) RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Izzati_Hanisah_11542202044_TA FDK_Upaya Konselor.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_Hasil Penelitian_Izzati Hanisah 11542202044.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)

Abstract

Kejahatan Seksual terhadap anak merupakan tindak pidana yang akan menimbulkan dampak fisik, psikologis dan sosial seperti perilaku yang tergolong seksual dan mengakibatkan mimpi buruk, menarik diri dari masyarakat, kepercayaan diri yang hilang, perilaku agresif dan dapat memotivasi anak menjadi pelaku saat anak menginjak dewasa. Saat anak mengalami kejahatan seksual Upaya konselor sangat dibutuhkan untuk dapat membantu pemulihan mental anak korban kejahatan seksual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya konselor dalam memulihkan mental anak korban kejahatan seksual di Balai Rehabilitasi Sosisal Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus Rumbai Pekanbaru?. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 orang psikologi/konselor, 1 orang Pekerja Sosial dan 3 orang Anak Penerima Manfaat Pendekatan Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan fenomena secara detail dan data lisan dari orang-orang serta perilaku-perilaku yang diamati sehingga dapat di pahami dengan jelas. Data dikumpulkan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk upaya konselor dalam pemulihan mental anak korban kejahatan seksual adalah menggunakan teknik pemulihan pribadi yaitu konselor memberikan dukungan penilaiaan berupa pemeriksaan intervensi psikolog, dukungan instrumental berupa terapi fisik, penghidupan, reakrisional, dukungan emosional berupa terapi psikososial, terapi mental spritual, dukungan informatis berupa home visit, monitoring evaluasi bimbingan lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:53
Last Modified: 15 Nov 2019 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item