PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP GAIRAH BELAJAR SISWA DI SMPN 11 KECAMATAN KAMPAR

Zurnita, (2011) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP GAIRAH BELAJAR SISWA DI SMPN 11 KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011236.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bersipat korelasi yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap gairah belajar siswa SMPN 11 Kampar. Subyek Penelitian adalah siswa SMPN 11 Kampar dan objeknya adalah pengaruh kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap gairah belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 11 Kampar yang berjumlah 128 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 50% (64 orang) dengan tehnik penariksan sampel Stratified Random Sampling sebanyak 50%, Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode angket dan observasi. Setelah data terkumpul maka dianalisa dengan korelasi koefisien kontingensi karena variabel yang dikorelasikan bergejala ordinal. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa maka dapat disimpulkan bahwa kepribadian guru Pendidikan Agama Islam sangat berpengaruh terhadap gairah belajar siswa. Ini ditandai dengan terdapatnya angka korelasi yang signifikan antara penilaian siswa terhadap kepribadian guru agama dan pengaruhnya terhadap gairah belajar siswa SMPN 11 Kampar. Hal ini dapat kita lihat dari hasil penelitian yakni secara kuantitaif diperoleh Koefisien Kontingensi 0, 721. Angka ini lebih besar dari harga tabel baik pada taraf signifikan 5 % (0,250) maupun pada taraf signifikan 1% (0,325). Atau harga Phi lebih besar dari harga tabel, atau dengan cara lain dapat diungkapkan 0,250 < 0,721 > 0,325. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti penilaian siswa terhadap kepribadian guru agama berpengaruh terhadap gairah belajar siswa. Dalam arti kata jika penilaian siswa terhadap guru baik maka semakin baik pula gairah belajar siswa, demikian pula sebaliknya apabila penilaian siswa tidak baik terhadap guru agama maka siswa tidak bergairah dalam belajar. Karena itu disarankan kepada guru-guru khususnya guru agama agar senantiasa berusaha menjadi guru yang baik di mata anak didiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:48
Last Modified: 01 Feb 2016 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item